Rabu, 15 September 2010

KARYA TULIS MONUMEN JOGJA KEMBALI

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

3.1 Kesimpulan
Dari berbagai uraian diatas maka dengan ini kami menyimpulkan materi – materi yang telah kami dapat dari berbagai sumber yaitu :
1. Monjali dibangun tahun 1985 dengan biaya Rp 9 milyar. Lokasinya terletak sekitar 3 km utara Tugu, di atas lahan seluas 49.920 meter persegi. Modelnya yang mirip kerucut setinggi 31,80 meter ibarat sebuah gunung kecil dalam poros Gunung Merapi-Tugu Pal Putih-Keraton-Panggung Krapyak-Laut Selatan.
2.
11Bagi masyarakat Yogyakarta, garis lurus dari utara ke selatan itu dimitoskan sebagai "sumbu imajiner", yakni simbol bersatunya lingga dan yoni. Faktor ini ikut memberi "roh" tersendiri bagi Monjali.
3. Di lantai I terdapat empat ruang museum yang menyajikan tidak kurang dari 1.000 item koleksi. Pesan koleksinya tak hanya berkutat pada Serangan Oemoem Satoe Maret.
4. Di lantai II terdapat relief dengan adegan 40 episode. Pada pagar yang mengitari monumen berukuran 1,6 x 4 x 80 meter terpampang episode perjuangan fisik dan diplomasi dari masa Proklamasi Kemerdekaan, pembentukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR), hingga Presiden Soekarno meninggalkan Kota Yogyakarta.

3.2 Saran
1. Sebaiknya Museum dijaga dengan ketat dari para pengemis dan gelandangan yang memanfaatkan untuk berbagai kepentingannya.
2. Semakin ditingkatkan fasilitas dan kebersihan serta keamanan untuk menjaga suasana yang kondusif.
3. Menambah fasilitas keamanan yang canggih untuk menghindari aksi teror.
4. Menambah anggaran biaya renofasi dan kesejahteraan para pegawai di museum tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar